Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Disconnect Saat Bermain Game Online

Cara mengatasi disconnect saat main game online

Buat kamu seorang gamer pasti pernah mengalami hal yang cukup menjengkelkan ketika asik bermain game online, apa itu ?

Yups Disconnect atau lebih sering di singkat DC. Tenang saja bukan kamu seorang kok yang mengalami hal tersebut, buktinya banyak sekali orang mencari dan mengetikan kata kunci cara mengatasi disconnect saat bermain game online di google.

Nggak bisa dipungkiri game seru dan keren jaman sekarang, hampir kebanyakan harus dimainkan secara online alias membutuhkan koneksi internet terlepas itu modem atau operator seluler. Berbeda  dengan ponsel jaman dulu semisal game symbian sama sekali nggak butuh internet. 

Nah buat kamu yang sering mengalami DC ini, pas banget nih karena Penulis akan membagikan beberapa tips supaya kamu tetap lancar dan nyaman ketika bermain game online.

Mengapa Bisa Terjadi Disconnect Ketika Bermain Game Online?

Perlu kamu ketahui penyebab terjadinya DC ini supaya nantinya kamu bisa mengatasinya, benar dong ? Harus tahu dulu letak masalahnya dimana supaya masalah tersebut bisa terselesaikan.

Dilansir dari Android Central, terdapat 3 faktor yang mempengaruhi terjadinya disconnect.

1. Latency/Ping Tinggi

Latency atau ping adalah ukuran keterlambatan pengiriman antara input satu sisi dengan penerimaan input satu sisi lainnya. Jika ping internet kamu rendah maka jendela antar output dan input hampir tidak bisa dibedakan, dan inilah yang kamu perlukan. Jika demikian bisa di pastikan antarmuka game merespon dengan mulus terhadap klik yang kamu lakukan di layar HP kamu.

2. Jaringan Tidak Stabil

Stabilitas jaringan sangat diperlukan ketika bermain game online, jika jaringan internet yang kamu gunakan memiliki stabilitas yang tinggi itu artinya jaringan mampu mengirimkan data secara lengkap dan konsisten. Sebaliknya jika rendah maka jaringan akan memiliki paket lost tinggi yang berarti jaringan kamu mengirimkan data secara tidak lengkap. Hal ini bermanifestasi dengan input yang tidak terjawab, sehingga nantinya data yang  hilang akan dikirmkan berulang ulang.

3. Bandwidth Rendah

Merupakan ukuran seberapa banyak data yang dapat ditransmisikan oleh suatu jaringan pada waktu tertentu. Secara mudahnya semakin tinggi bandwidth jaringan internet kamu maka akan semakin baik, sebaliknya bandwidth yang rendah akan menyebabkan Ping tinggi tau jaringan nggak stabil.

Cara Mengatasi Disconnect Saat Bermain Game Online

Setelah mengetahui 3 penyebab di atas, pasti kamu lumayan pusing kan? wkwkkwk

Ya udah, mending ikuti aja beberapa cara berikut yang sudah Penulis rangkum berdasarkan pengalaman Penulis.

1. Gunakan Paket internet yang mahal

Lah mahal? Iyah kamu nggak salah baca kok, memang sih makin kesini makin banyak paket internet yang di tawarkan berbagai Operator Seluler dengan harga terjangkau alias murah. Tapi tunggu dulu jika kamu mengharapkan nggak ada gangguan ketika bermain game online, skip saja paket internet begituan. 

Karena sudah bisa dipastikan "ada harga ada kualitas", dan ini memang terbukti paket internet dengan harga cukup mahal memiliki stabilitas dan bandwidth yang tinggi.

2. Pilih Operator Seluler Yang Cocok Di Tempatmu.

Nah, hal ini penting juga karena bukan rahasia lagi kalo setiap kartu seluler nggak bagus si semua tempat. Jujur saja yah, di daerah Penulis pun si Merah kurang bagus yang cukup bagus dari segi kualitas jaringan adalah si Biru. Jadi jangan memaksakan keukeuh pake satu kartu Provider, jika memang ditempat kamu kurang bisa di andalkan dalam segi kualitas jaringan.

3. Lebih Baik Gunakan Jaringan Operator Seluler Dari Pada Wifi

Nah, ini banget yang sering Penulis alami. Berdasarkan pengalaman Penulis ketika bermain game Favorite Penulis yaitu Clash Royale, ketika menggunakan Wifi koneksi jaringan internet kurang stabil dan ping tinggi alias ngelag nggak asik banget main gamenya.

Dan sudah sangat teruji, ketika Penulis menggunakan jaringan internet Kartu provider si Biru, lancar jaya nggak ada ngelag atau DC karena Ping tinggi. Tapi itu juga nggak mutlak sih, kali aja di tempat kamu wifi kamu berbeda.

4. Gunakan Fitur Mode Game 

Entah fitur atau aplikasi bingung nyebutnya, di HP Penulis sendiri yaitu Realme 3 terdapat sebuah aplikasi yang bernama Ruang Game. Aplikasi ini berguna banget untuk main game, beberapa fiturnya yaitu menstabilkan jaringan, menstabilkan penggunaan Ram, mampu memblokir notifikasi dari aplikasi lainnya dan mampu memblokir panggilan.

Point terakhir menurut Penulis penting banget sih, karena Penulis pun sering ketika asyik main game online tiba tiba ada telepon masuk. Kan lumayan jengkel jaringan internet langsung hilang.

5. Gunakan Bantuan Aplikasi Ping

Untuk cara ke 4 ini kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga supaya ping jaringan internet kamu nggak tinggi, cenderung rendah dan stabil. Di Playstore sendiri sudah banyak aplikasi Ping khusus gaming. Beberapa yang menurut Penulis patut kamu coba ada Ping gamer, game booster 4x, gaming mode dan masih banyak lainnya.

Penulis memilih 3 atas berdasar banyaknya jumlah download dan komentar positive. Mohon maaf belum sempat mencoba aplikasi ping seperti ini, karena sampai saat ini Penulis merasa masih aman aman saja ketika bermain game menggunakan jaringan internet kartu si Biru. Mungkin di lain kesempatan akan coba Penulis ulas.

Bagaimana? Cukup mudah kan tips yang Penulis bagikan. Mudah mudahan artikel cara mengatasi disconnect saat bermain game online ini bisa bantu kamu supaya nggak DC atau ngelag lagi ketika bermain game.

Di samping itu supaya kamu nggak marah marah dan HP kamu tetap aman nggak kamu banting. hehe Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Disconnect Saat Bermain Game Online"